Sabtu, 18 Februari 2012

Mengenal Persuteraan Alam

Persuteraan alam Indonesia merupakan kelompok agro-industri yang sangat potensial untuk dikembangkan,  karena memiliki berbagai keunggulan, antara lain :
  • Geografis alam Indonesia sangat mendukung, karena ketersediaan lahan dengan ketinggian 400 – 800 meter di atas permukaan laut untuk menghasilkan murbei dan kokon yang baik.
  • Produk sutera memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan banyak digemari masyarakat tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.
  • Usaha persuteraan alam dapat dikelola masyarakat pedesaan secara luas, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat secara cepat untuk segera mengurangi masalah kemiskinan dan dapat mengembangkan ekonomi kerakyatan.
  • Permintaan pasar produk sutera baik oleh pasar domestik maupun ekspor dari tahun ke tahun cenderung meningkat.

Indonesia memiliki peluang besar untuk mengembangkan persuteraan alam, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun untuk pasar luar negeri. Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama usaha persuteraan alam dapat memberikaan andil yang berarti dalam perekonomian nasional.  Hal ini akan segera terwujud apabila pengembangan persuteraan alam nasional dikelola dengan cermat, baik oleh pemerintah maupun pelaku di lapangan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar